Type Here to Get Search Results !

Akhlaq Adalah Perintah Syara

AKHLAQ ADALAH PERINTAH SYARA’





          Dari segi bahasa, Khuluq (kata dasar akhlaq) berarti sifat yang senantiasa nampak pada tingkah laku dan telah menjadi tabi’at, sebagaimana firman Allah SWT :


إِنْ هَٰذَا إِلَّا خُلُقُ الْأَوَّلِينَ
“(Dien kami) ini tidak lain hanyalah adat kebiasaan orang dahulau” (QS Asy Syu’araa 137).

Maksud kata khuluq dalam ayat ini adalah tabi’at manusia dahulu dengan adat istiadatnya. Apabila tingkah lakunya baik maka dikatakan khuluqnya baik, begitu pula sebaliknya bila tingkah lakunya buruk maka khuluqnya buruk. Tetapi menurut syara’, khuluq artinya Diin (agama), sebagaiman firman-Nya:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
“Dan sesunguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung (Qs Al-Qalam 4)

Maksud kalimat khuluq disini adalah Diin yang mulia, disebabkan seruan ayat ini menunjukkan arti khuluq sebagai Din. Firman Allah SWT :


ن ۚ وَالْقَلَمِ وَمَا يَسْطُرُونَ
مَا أَنْتَ بِنِعْمَةِ رَبِّكَ بِمَجْنُونٍ
وَإِنَّ لَكَ لَأَجْرًا غَيْرَ مَمْنُونٍ
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
فَسَتُبْصِرُ وَيُبْصِرُونَ
بِأَيْيِكُمُ الْمَفْتُونُ
“Nun. Demi qalam dan apa yang merka tulis, berkat nikmat Rabbmu, kamu (muhammad) sekali-kali bukan orang gila. Dan seungyguhnya bagi kamu benar-benar pahal yang besar yang tidak putus-putusnya. Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. Maka kelak kamu akan melihat. Dan mereka (orang- orang kafir)pun melihat siapa diantara kamu yang gila ” (QS Al-Qalam 1-6).

Dalam pembahasan ini mereka menganggap bahwa risalah yang disampaikan oleh Rasulullah SAW adalah ‘gila’. Yang menjadi masalah (bagi kaum kafir Mekkah) sebenarnya adalah Din atau ajaran yang dibawa oleh Rasul, dan bukanlah sifat (tingkah laku) Nabi itu sendiri (yang bertabiat baik, terpercaya, dsb)’ karena sebelum beliau diutus menjadi nabi pun orang-orang Quraisy telah mengakui bahwa beliau adalah orang yang baik akhlaq (tingkah laku)nya sehingga beliau diberi gelar Al-Amin (yang dipercaya). Oleh karena itu, arti khuluq dalam ayat ini adalah Din atau agama. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalan tafsir Al-Jalalain.

Berbicara tentang akhlak memang berbicara tentang tingkah laku, perangai, budi pekerti atau moral. Akhlak juga merupakan perwujudan dari pemahaman seseorang tentang tingkah laku. Masyarakat Barat yang bebas dan sekuler memiliki tingkah laku yang terbebas dari berbagai aturan karena pemahaman mereka tentang kehidupan memang seperti itu. Kondisi tersebut tentu sangat berbeda dengan kondisi masyarakat Islam yang segala pikiran dan tingkah lakunya selalu terkait dengan hukum syara’ (Syariat Islam).

Hanya saja, harus dipahami bahwa pandangan Islam tentang ‘akhlak’ memang bersifat khas, berbeda dengan pandangan masyarakat umumnya. Perbedaan itu dapat dipahami dari beberapa konsep berikut ini.

1.Islam tidak hanya memahami akhlak dari segi tingkah laku dan sifat moral belaka, tetapi akhlak merupakan salah satu dari berbagai hukum Islam. Artinya, ada hukum Allah yang terkait dengan ibadah, (seperti shalat, shaum, zakat, haji dsb.), ada hukum yang berkait dengan muamalah (seperti pernikahan, jual beli, syirkah, dsb.) dan ada pula hukum tentang sifat-sifat tingkah laku (yakni akhlak).
2.Islam menentukan bahwa akhlak (yang baik atau buruk) tidak bisa ditentukan oleh manusia sesuai realitas, perkembangan zaman, maupun suara mayoritas manusia semata. Ini tentu berbeda dengan konsep moral dalam masyarakat sekarang, yang sangat dipengaruhi oleh hal-hal tersebut. Akhlaq merupakan bagian dari hukum syara’ yang bersifat tetap, memiliki nash dari sumber hukum Islam, wajib dilaksanakan oleh orang yang beriman sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT.
3.Sebagaimana aturan peribadahan,maka pelaksanaan aturan akhlak ini pun hanya bertujuan untuk mendapat keridhoan Allah SWT, bukan sebatas untuk ketinggian moralitas semata, dan bukan untuk mendapat gelaran-gelaran manusiawi semata.
4. Karena akhlak merupakan ketentuan Allah SWT maka adakalanya manusia menganggap suatu akhlak itu baik (memberi kemaslahatan) padahal tingkah laku tersebut dibenci Allah SWT., atau sebaliknya. Misalnya bersikap tegas dan keras terhadap orang kafir, tidak iba terhadap orang pelaku kejahatan, berbohong dalam beberapa kondisi, dsb.

Ayat-ayat Al-Quran dan hadits-hadits Rasulullah banyak yang mendorong manusia agar memiliki sifat yang baik dan melarang manusia berakhlaq buruk. Nash-nash syara’ bahkan menjelaskan sifat-sifat terpuji semisal jujur, amanah, iffah, menepati janji dsb. Walaupun semua itu merupakan akhlaq yang baik, nash-nash syara juga menegaskan bahkan hal-hal tersebut sebagai suatu hukum. Bahkan harus dilihat sebagai sebuah hukum syara (bukan hanya sebagai sebuah penjelasan tentang sifat yang baik atau buruk semata). Orang- orang yang memiki akhlaq yang baik haruslah dinilai sebagai pelaksanaan perintah Allah SWT. Kita tidak boleh melihatnya hanya sebagai sifat-sifat moral, karena seorang muslim telah diperintahkan untuk melaksanakan hukum-hukum syara walaupun hukum-hukum itu berupa akhlaq atau tingkah laku. Seorang muslim tidak diperintahkan untuk hanya memiliki sifat-sifat moral semata. Hal ini disebabkan karena ukuran baik dan buruk hanya dinilai berdasarkan nash-nash syara semata.

Allah SWT memerintahkan bersifat jujur dan melarang bersifat dusta, bukan hanya berdasar karena sifat-sifat itu patut dicontoh, tetapi karena hal itu sudah merupakan hukum syara. Sebagai bukti penguatnya adalah bahwa Allah SWT melarang seorang Muslim ‘berbohong’, namun Allah SWT membolehkan kita ‘berbohong’ di medan perang. Jadi ‘berbohong’ disini merupakan sebuah hukum syara. Allah pun memerintahkan bersikap keras terhadap orang kafir dan melarang seorang hakim muslim untuk merasa iba atau kasihan terhadap seorang pelaku pidana. Seandainya perintah Allah SWT, seperti berlaku jujur, melarang dusta, dsb. hanya semata-mata untuk tujuan sifat khuluq atau perilaku semata, maka berarti hukum dusta ini merupakan suatu hal yang tidak akan berubah dalam berbagai keadaan bagaimanapun. Namun demikian, karena hal itu termasuk bagian dari hukum syara’ maka semua itu harus dilihat dari segi pelaksanaan perintah Allah SWT. Jadi syara telah menetapkan hukum berdusta dalam keadaan tertentu haram dan dalam keadaan lain diperbolehkan.
Karena itu, hukum-hukum syara’ tidak boleh dijadikan hanya sekedar diambil sifat akhlaqnya saja (segi manfaatnya), melainkan harus diperlakukan sebagai sebuah perintah hukum. Dengan kata lain perlu ditekankan bahwa ajakan kepada manusia untuk berakhlaq bukan hanya karena sifatnya saja, tetapi justeru harus ditekankan bahwa hal itu termasuk bagian dari hukum syara’.
Apabila seorang muslim bersikap jujur hanya semata-mata karena sifat jujur tersebut, maka ia tidak akan mendapat ganjaran atau pahala atas perbuatannya. Hal itu karena ia mengerjakannya bukan berdasarkan hukum syara tetapi hanya karena anggapan bahwa sifat jujur tersebut dianggap memiliki kebaikan atau manfaat baginya.

Kaum muslimin perlu berhati-hati melakukan perbuatan dan tatkala mengajak orang lain agar berakhlaq mulia. Sebab bila mereka lalai dan tidak memperhatikan hal ini maka mereka tidak dianggap melaksanakan hukum syara’. Lebih dari itu, hal ini dapat menjadikan perbuatan mereka sama dengan orang kafir, karena orang-orang kafirpun mengajak bersikap baik dan mereka menjalankan sifat- sifat yang dianggapnya luhur walaupun sudut pandang dan motivasinya berbeda-beda. Atau bisa juga mereka orang-orang kafir) hanya melihat sesuatu sifat dari segi manfaatnya semata. Karenanya, hendaknya kaum muslimin memiliki akhlaq yang mulia hanya karena dilandasi oleh keyakinan bahwa sifat-sifat akhlaqiyah, merupakan perintah dan larangan Allah SWT.

Beberapa Contoh Akhlaq yang Mulia



          Al-Quran dan As-Sunnah telah banyak menggambarkan berbagai sifat akhlaqiyah yang harus menjadi panutan seorang Muslim, yang diantaranya :

1. Jujur dan menjauhi sifat dengki (hasad)

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya kejujuran akan membawa kepada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan itu akan mengantarkannya ke surga. Dan seseorang yang senantiasa berkata benar dan jujur akan tercatat disisi Allah sebagai orang yang benar dan jujur. Dan sesungguhnya dusta itu membawa kepada kejahatan yang akhirnya akan mengantarkannya ke neraka. Dan seseorang yang senantiasa berdusta, akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta” (HR. Bukhari-Muslim).

“Hati-hatilah kamu sekalian terhadap hasad, karena sesungguhnya hasad akan memakan seluruh kebaikan sebagaimana api yang melahap habis kayu bakar” (HR. Abu Dawud).

2. Menepati Janji

Allah SWT berfirman :


“Hai orang-orang yang beriman, penuhilah ikatan-ikatan perjanjian itu” (QS. Al-Maidah : 1).

Ayat senada juga dapat dilihat pada QS.Al-Isra:34 dan An-Nahl:91.


وَلَا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُ ۚ وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ ۖ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُولًا
"Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik (bermanfaat) sampai ia dewasa dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya". (QS: Al-Israa' Ayat: 34)


وَأَوْفُوا بِعَهْدِ اللَّهِ إِذَا عَاهَدْتُمْ وَلَا تَنْقُضُوا الْأَيْمَانَ بَعْدَ تَوْكِيدِهَا وَقَدْ جَعَلْتُمُ اللَّهَ عَلَيْكُمْ كَفِيلًا ۚ إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا تَفْعَلُونَ
"Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat". (QS: An-Nahl Ayat: 91)

Rasulullah SAW bersabda :

“Ciri-ciri orang munafik itu ada tiga :jika berbicara ia berdusta, jika berjanji ia mengingkari dan jika diberi amanat ia berkhianat” (HR.Muttafaq ‘Alaih)

3. Suka Memaafkan

Allah SWT berfirman :


الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (QS Ali Imran : 134).

Ayat senada dapat dilihat pada:

وَلَا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
"Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang," (QS: An-Nuur Ayat: 22)


وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ
وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ
"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar." (QS: Fushshilat Ayat: 34-35)


Dalam sebuah hadist digambarkan bahwa suatu ketika Uqbah bin Amir bertanya kepada Rasulullah SAW :

"Beritahu aku tentang keutamaan amal seseorang?"

Rasulullah SAW menjawab :

“Wahai Uqbah, hubungkanlah kembali tali persaudaraan kepada siapa yang telah memutuskannya. Kasihilah orang yang telah membencimu. Berpalinglah dari yang menzhalimimu”

Dalam riwayat lain:

“Berilah maaf kepada mereka yang menzhalimimu” (HR. Ahmad dan Thabrani).

4. Menjauhi Hal Yang Tidak Bermanfaat

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya setengah dari kebaikan Islam seseorang adalah ia meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat baginya” (HR.Malik, Ahmad, Thabrani)

5. Menjauhi Perbuatan Menggunjing dan Adu Domba

Allah SWT berfirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ
” Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS.Al-Hujurat : 12)

Rasulullah SAW juga bersabda :

“Tidak akan masuk surga orang yang suka mengadu domba” (HR. Muttafaq alaih)

6. Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya pada orang-orang kalangan Bani Israil, apabila salah seorang dari mereka melakukan kesalahan (dosa), maka orang lain tidak mencegahnya. Sehingga pada pagi harinya mereka duduk, makan dan minum seolah mereka tidak pernah melihat perbuatan dosa yang kemarin dilakukan. Melihat kondisi mereka Allah mensifati hati mereka melalui lisan Daud dan Isa ibnu Maryam dengan mengatakan :


وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَىٰ لَنْ نَصْبِرَ عَلَىٰ طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ مِنْ بَقْلِهَا وَقِثَّائِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۖ قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ ۚ اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُمْ مَا سَأَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ
Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya". Musa berkata: "Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta". Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.'(QS Al-Baqarah : 61).

"Demi zat yang jiwaku ada dalam kekuasaanNya, sungguh telah diperintahkan atasmu beramar ma’ruf nahi munkar, mencabut kekuasaan orang jahat dan meluruskannya pada kebenaran, atau (bila tidak demikian) Dia akan mencampakkan hatimu dan mengutukmu sebagaimana Ia mengutuk mereka (Bani Isaril)”. (HR Thabrani)

7. Menghormati Tamu

Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakanlah tamunya….
Para Shahabat bertanya:
‘Selebihnya itu apa yaa Rasulullah?’
Jawab Beliau :
‘Siang dan malamnya serta menjamu tamu selama tiga hari. Maka batas di luar itu termasuk sedekah” (HR Muttafaq ‘alaih)

8. Menyebarkan Salam

Allah SWT berfirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
” Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.(QS An Nur : 27)

Juga sabda Rasulullah SAW :

“Apakah kalian mau aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian lakukan akan mendapatkan jalinan cinta kasih? Yaitu sebarkanlah salam diantara kalian” (HR Muslim)

Salah seorang shahabat, Abdullah bin Umar, sering berkeliling di pasar. Suatu hari seseorang datang dan bertanya kepadanya. ‘Apa yang anda lakukan di pasar? Anda bukan seorang pedagang, tidak juga membeli dagangan. anda juga tidak duduk dalam kepengurusan pasar, tetapi mengapa Anda sering berada di pasar?’ Ibnu Umar menjawab :’ Aku sengaja setiap pagi ke pasar hanya untuk mengucalkan salam kepada Muslim yang aku temui” (HR Bukhari)

Demikianlah beberapa penjelasan ringkas tentang posisi akhlak dalam hukum Islam dan beberapa contoh akhlak yang diperintahkan Islam. Tentu masih banyak contoh lain tentang akhlak yang terpuji dan tercela dalam pandangan Islam, yang dapat dipahami dalam berbagai kitab tentang akhlak.